Mengenal Triangle of life dalam Menghadapi Gempa Bumi

Wednesday, 20 October 2021

17

Mengenal Triangle of life dalam Menghadapi Gempa Bumi

Akhir-akhir ini, beberapa titik daerah di Indonesia tengah mengalami banyak gempa bumi yang memakan korban dan kerugian materil, salah satunya gempa bumi yang melanda daerah Bali pada Sabtu (16/10), pukul 03.18 WIB. Gempa dengan dengan magnitudo (M)4,8 terjadi 8 km barat laut Karangasem tersebut dapat dirasakan Kabupaten Karangasem dan Bangli, Provinsi Bali. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali telah mengkonfirmasi bahwa gempa tersebut telah menelan korban jiwa hingga kerusakan bangunan.

Melihat kondisi demikian, adanya edukasi kepada masyarakat dalam menghadapi situasi dan kondisi gempa bumi, dirasa sangat penting agar tidak kembali memakan korban jiwa. Terdapat salah satu metode yang dicetuskan Doug Copp, seorang Kepala Penyelamat dan Manajer Bencana dari American Rescue Team International (ARTI) dalam menghadapi gempa, yaitu dengan melakukan “Triangle of life”. Secara sederhana, teknik ini mengharuskan kita untuk berlindung di dekat benda yang cukup tinggi dan kokoh seperti kulkas atau lemari, kemudian saat bangunan runtuh, langit-langit akan runtuh menimpa benda atau furniture sehingga menghancurkan benda-benda ini, menyisakan ruangan kosong di sebelahnya. Ruangan kosong ini lah yang disebut dengan "segitiga kehidupan".

Dalam penerapannya, masyarakat bisa mengevakuasi diri dengan posisi meringkuk atau berbaring dalam ruangan yang sempit. Kemudian mengambil  posisi di samping suatu benda besar seperti sofa,lemari atau kulkas, kemudian menyisakan ruangan kosong di sebelahnya. Dengan menerapkan hal tersebut, adanya kemungkinan seseorang untuk tertimpa langit-langit dapat diminimalisir, sehingga tidak ada korban jiwa selama gempa bumi berlangsung. Apabila terdapat anggota keluarga maupun tetangga sekitar yang sakit dan mengalami luka akibat gempa bumi yang melanda, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang baik dan tepat.

Sumber :

1. https://bnpb.go.id/berita/dampak-gempa-bumi-m4-8-tiga-warga-bali-meninggal-dunia

2. https://kkp.go.id/djprl/bpsplpadang/artikel/6624-segitiga-kehidupan

3. https://bpbd.bogorkab.go.id/gempa-kenali-metode-evakuasi-triangle-of-life/