Minimalisir Potensi Longsor dengan 5 Langkah Sederhana

Monday, 25 October 2021

24

Minimalisir Potensi Longsor dengan 5 Langkah Sederhana

Memasuki musim penghujan, merupakan sebuah alarm bagi beberapa daerah di Indonesia untuk bersiap menghadapi adanya kemungkinan bencana alam yang biasa terjadi bersama dengan musim hujan seperti Banjir, Banjir bandang, hingga tanah longsor yang terjadi di beberapa wilayah yang memiliki kemiringan yang cukup curam dan terjal.

Pada keterangan yang diberikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deli Serdang, pihaknya mengkonfirmasi bahwa terjadi bencana tanah longsor yang terjadi pada Sabtu malam (23/10), pukul 23.30 WIB. Bencana longsor ini teridentifikasi di Desa Lau Kaban, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Dalam kejadian tersebut, mengakibatkan tiga warga saat berkendara di wilayah Deli Serdang meninggal dunia. Peristiwa ini bermula dari hujan dengan intensitas tinggi serta kondisi tanah labil sehingga longsor tidak dapat dihindari.

Melihat kondisi demikian, adanya antisipasi yang dilakukan oleh pemerintah bersama dengan masyarakat merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, agar meminimalisir adanya korban meninggal akibat terdampak tanah longsor. Berikut beberapa langkah antisipasi yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dampak longsor :

  1. Jangan Membuat Kolam Atau Sawah Di Atas Lereng
  2. Jangan Menebang Pohon Di Sekitar Lereng
  3. Membuat Terasering
  4. Tidak Mendirikan Rumah Di Bawah Tebing
  5. Menanam dan memelihara pohon.

Dengan mengetahui 5 langkah sederhana yang dapat dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat terkait langkah preventif meminimalisir potensi longsor, diharapkan tidak ada lagi kerugian baik harta maupun nyawa dari masyarakat akibat terdampak tanah longsor. Apabila terdapat anggota keluarga maupun tetangga sekitar yang sakit dan mengalami luka akibat longsor yang melanda, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang baik dan tepat.

Sumber :

1. https://www.bnpb.go.id/berita/tanah-longsor-membawa-korban-tiga-warga-saat-melintas-di-deli-serdang-

2. https://sumberdayaair.malangkab.go.id/pd/detail?title=sumberdayaair-opd-bagaimana-cara-menghindari-tanah-longsor