Pemerintah Resmi Akan Tiadakan Tes Covid-19 Bagi Perjalanan Domestik

370

Pemerintah Resmi Akan Tiadakan Tes Covid-19 Bagi Perjalanan Domestik

Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan perkembangan yang membanggakan. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kasus Covid-19 dan positif rate di tengah perkotaan atau daerah yang padat penduduk, mengalami penurunan. Tidak sampai disitu, tingkat keterisian rumah sakit baik di pulau jawa maupun di luar pulau jawa juga masih menunjukkan angka yang stabil.

Membaiknya kondisi pandemi Covid-19 secara nasional  tersebut merupakan hasil dari kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat yang senantiasa masih terus disiplin dalam menjalankan instrumen-instrumen pencegahan Covid-19 seperti menerapkan protokol kesehatan di dalam aktivitasnya dan mengikuti program vaksinasi dosis primer, maupun dosis lanjutan (booster). Tidak lupa juga para tenaga medis yang telah berjuang dengan maksimal untuk melakukan edukasi serta penanganan pasien Covid-19.

Menanggapi kondisi saat ini, Dante Saksono Harbuwono selaku Wakil Ketua Menteri Kesehatan mengingatkan masyarakat untuk tetap meneruskan perjuangan dalam menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi meski kondisi telah membaik. Di sisi lain,pemerintah juga sedang mempersiapkan uji coba transisi menuju endemi Covid-19, salah satunya dengan meniadakan syarat hasil negatif tes antigen maupun PCR bagi pelaku perjalanan domestik.

Menegaskan kebijakan demikian, menteri koordinator kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyatakan bahwa kebijakan tersebut akan segera termuat dalam Surat Edaran yang diterbitkan oleh kementerian dan dan lembaga terkait dalam waktu dekat.

Dengan diterapkannya kegiatan tersebut, diharapkan mampu memberikan keringanan bagi para pelaku perjalanan domestik. Tetap jaga protokol kesehatan 5M ketika melakukan perjalanan, dan bersegera dalam mengikuti program vaksinasi Covid-19 dosis primer dan vaksinasi booster.