Perkuat Ekonomi, Pemerintah akan Perpanjang Perlinsos

Jumat, 05 Pebruari 2021

6

Perkuat Ekonomi, Pemerintah akan Perpanjang Perlinsos

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang begitu besar bagi kesehatan, kehidupan sosial, hingga ekonomi dari masyarakat dan negara. Maka dengan demikian, perlu adanya sebuah usaha untuk bisa tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19 dengan mempertahankan ekonomi yang juga berfokus terhadap menjaga kesehatan masyarakat.

Dalam usaha memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat di saat pandemi Covid-19, pemerintah memberikan sebuah solusi melalui kebijakan Perlindungan Sosial (Perlinsos). Perlinsos merupakan sebuah program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dimana salah satu alokasi anggarannya bertujuan untuk memberikan dukungan ekonomi bagi masyarakat untuk mendorong daya beli dan mendorong konsumsi masyarakat.

Melihat kondisi lonjakan kasus dan kebutuhan masyarkat pada tahun ini, maka Perlinsos akan diperpanjang pada tahun 2021 ini. Sonny W. Manalau, selaku Staf Ahli Menteri Sosial dan Anggota Komite PEN menyatakan bahwa Program Bansos regular Kementerian Sosial akan disinkronkan kan dengan program PEN untuk bisa membantu masyarakat terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung dari adanya pandemi Covid-19.

Sehingga dengan adanya masa perpanjangan program perlindungan sosial ini, diharapkan masyarakat bisa merasa terbantu dan dapat kembali tegar dalam berjuang bersama – sama menghadapi pandemi Covid-19. Diharapkan juga agar masyarakat dapat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 dapat segera berhenti.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/p/berita/perlinsos-berlanjut-di-2021-untuk-pemulihan-ekonomi-nasional