Persiapan Kesiapsiagaan Mudik dan Arus Balik Lebaran

421

Persiapan Kesiapsiagaan Mudik dan Arus Balik Lebaran

Terciptanya keteraturan dan terjaganya kesehatan masyarakat selama mudik lebaran 1444H/2023M kali ini, merupakan upaya yang sedang dilakukan oleh pemerintah.  Sama seperti sebelumnya, Kementerian Kesehatan kembali melakukan Edukasi dan Pemantauan Mudik Sehat dalam rangka memastikan masyarakat dapat mudik dengan aman dan sehat serta bebas dari berbagai penyakit.

Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa poin penting yang akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Membentuk Tim Penyelenggaraan kesehatan dalam menghadapi arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444H/ 2023 yang terdiri atas unsur instansi dan/atau pemangku kepentingan terkait di Kabupaten/Kota, dan unsur tenaga kesehatan sebagai pemberi pelayanan kesehatan, pelayanan kegawatdaruratan, dan evakuasi media selama masa arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444H/ 2023.

  2. Menyelenggarakan Pos Kesehatan yang letaknya berdekatan dengan Pos yang disediakan oleh pihak kepolisian, Dinas Perhubungan, termasuk pada lokasi padat wisata dan Rawan celaka.

  3. Menyiagakan Fasilitas Pelayanan Kesehatan khususnya Puskesmas dan Rumah Sakit pada jalur utama yang dilalui masyarakat, Pos Kesehatan, Public Safety Center (PSC) 119 untuk mengantisipasi adanya kasus gawat darurat, kasus kecelakaan, dan kasus penyakit lain pada arus mudik Idul Fitri 1444H/2023.

  4. Menginput data fasyankes yang disiapsiagakan serta melaporkan penyelenggaraan kesehatan pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444H/2023 melalui http://limk.Kemkes.go/permintaanDataPosKesehatanTetap2023

Selain itu, Kementerian Kesehatan juga telah menyiapkan berbagai media Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE), mulai dari baliho, spanduk hingga poster yang dapat didesain dan dicetak ulang untuk dipasang di rest area, terminal, pelabuhan, dan tempat-tempat umum lainnya.

Berbagai upaya edukasi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang perilaku aman dan sehat saat mudik tahun ini, sehingga masyarakat dapat mudik dengan aman dan sehat serta bebas dari berbagai penyakit yang mengganggu proses silaturahim.