Persiapan Menghadapi Gempa Bumi yang Wajib Dilakukan

280

Persiapan Menghadapi Gempa Bumi yang Wajib Dilakukan

Sebagai salah satu negara yang berada di wilayah pertemuan lempeng, sudah sangat wajar jika Indonesia masuk kedalam negara dengan potensi gempa bumi yang cukup tinggi. Memasuki awal tahun 2022 hingga saat ini, tercatat indonesia sudah lebih dari 700 kasus gempa bumi. Melihat kondisi demikian, pengetahuan terkait persiapan dalam menghadapi gempa bumi menjadi sangat penting.

Kunci dari sebuah keberhasilan dalam menghadapi adalah pengetahuan mengenai apa saja yang perlu dilakukan apabila gempa bumi datang. Hal ini sangat berguna karena akan meminimalisir risiko kematian atau luka berat selama masa berlindung dan masa evakuasi. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh masyarakat sebelum datangnya gempa bumi :

1. Kenali lingkungan tempat tinggal, maupun tempat anda bekerja untuk mengetahui tempat paling aman untuk berlindung dan mengevakuasi diri.

2. Mengevaluasi dan merenovasi struktur bangunan agar terhindar dari bahaya gempa bumi

3. Atur benda atau material berat agar bisa berada di bagian bawah sehingga tidak menimpa kita saat gempa bumi terjadi

4. Menyiapkan alat seperti kotak P3K, Senter, Makanan suplemen dan air di setiap tempat agar memudahkan jika gempa bumi mengharuskan kita untuk pergi dan mengungsi dari rumah.

Dengan menjalankan beberapa hal diatas dengan baik, diharapkan mampu memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai apa yang seharusnya dilakukan apabila gempa bumi terjadi. Selain itu juga diharapkan mampu untuk meminimalisir kematian dan luka berat selama proses terjadinya gempa bumi terjadi. Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat yang tidak terdampak gempa bumi ketika mengalami kecelakaan atau luka-luka selama masa evakuasi berlangsung, agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.