Persiapan Menuju Endemi dengan Disiplin Protokol Kesehatan

Thursday, 07 October 2021

27

Persiapan Menuju Endemi dengan Disiplin Protokol Kesehatan

Dengan adanya perbaikan dalam penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 di beberapa negara, membuat beberapa negara tersebut tengah mempersiapkan diri dalam menuju tahap endemi Covid-19. Tak terkecuali Indonesia, dengan kasus yang relatif terkendali, Indonesia saat ini berfokus menuju endemi Covid-19 dengan secara bertahap membuka kembali aktivitas sosial-ekonomi, yang kedepannya diharapkan akan dilakukan dalam skala besar.

Dalam keterangannya pada pers terkait Perkembangan Penanganan Covid-19 pada Selasa (28/9/2021), Prof Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menegaskan bahwa adanya pembukaan aktivitas sosial-ekonomi bertahap hingga akhirnya mencapai masyarakat yang produktif dan aman Covid-19 harus diimbangi dengan disiplin protokol kesehatan. Karena tanpa adanya kepatuhan terhadap protokol kesehatan, akan sangat menghambat Indonesia dalam mencapai kondisi endemi.

Melihat perkembangan pandemi Covid-19 terkini di Indonesia, kasus penyebaran dan penanganan dapat dikatakan cukup terkendali namun tetap terdapat sejumlah catatan penanganan dari Satgas Covid-19. Seperti jumlah pembentukan posko di daerah. Untuk itu sebagai penutup dalam keterangannya, Prof. Wiku tidak lupa memberikan arahan kepada kepada pemerintah provinsi gubernur, dan bupati atau walikota di seluruh Indonesia, agar terus mengevaluasi penanganan Covid-19 di wilayahnya, dan meminta untuk terus meningkatkan pengawasan serta pelaksanaan protokol kesehatan agar penularan dapat terus ditekan dan kasus dapat semakin menurun.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/satgas-tanpa-disiplin-prokes-indonesia-tidak-akan-mencapai-endemi-covid-19