Persiapan Potensi Banjir di Indonesia

108

Persiapan Potensi Banjir di Indonesia

Dalam kurun beberapa waktu terakhir, Indonesia mengalami intensitas hujan yang cukup merata di berbagai daerah. Tingginya intensitas hujan juga menyebabkan daerah dengan ketinggian tanah yang rendah serta daerah yang memiliki kondisi saluran yang kurang baik menjadi terendam banjir seperti di daerah jakarta, Riau, Malang, dan beberapa titik daerah lainnya.

Tingginya tingkat kemungkinan banjir yang akan dialami oleh beberapa daerah di Indonesia, mengharuskan masyarakat untuk bersiap dan mengetahui apa yang harus dilakukan ketika banjir datang, agar tidak ada korban baik harta maupun nyawa. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi potensi banjir, diantaranya adalah :

  1. Menyiapkan tas Siaga Bencana yang berisi beberapa perlengkapan penting seperti obat, pakaian, dan surat – surat berharga
  2. Lakukan upaya penguatan dan peninggian bangunan rumah.
  3. Perhatikan beberapa barang yang berbahaya jika terkena banjir seperti kabel listrik atau gas
  4. Memahami persiapan dan rute evakuasi menuju tempat yang aman atau daerah yang lebih tinggi

Dengan memahami dan melakukan persiapan yang baik beberapa langkah diatas, diharapkan mampu meminimalisir korban akibat banjir di Indonesia. apabila mengalami cidera atau gangguan kesehatan selama proses evakuasi, segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat yang tidak terdampak oleh banjir agar dapat mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Tetap jaga protokol kesehatan 5M selama berada di lokasi pengungsian dan bersegera dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19.