PPIH Gelombang Pertama Resmi Diberangkatkan

207

PPIH Gelombang Pertama Resmi Diberangkatkan

Dalam rangka melakukan pemantauan kesehatan para jemaah haji Indonesia di Tanah Suci Mekkah, pemerintah kembali mengirimkan PPIH atau Petugas Penyelenggara Ibadah Haji. Gelombang pertama PPIH pertama resmi diberangkatkan mulai Sabtu 20 Mei 2023 guna melakukan persiapan dan menyambut kloter pertama jemaah haji yang akan diberangkatkan pada 24 Mei 2023.

Pada gelombang pertama, terdapat 492 orang yang diberangkatkan dengan 129 orang PPIH bidang kesehatan. Adapun untuk gelombang selanjutnya, direncanakan akan diberangkatkan pada 26 Mei 2023 mendatang.

Dalam keterangannya saat ditemui pada acara pelepasan dan pemberangkatan PPIH Arab Saudi di Asrama Haji Pondok gede, Liliek Marhaendro Susilo, Ak M.M selaku Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes menyampaikan bahwa PPIH yang diberangkatkan paling awal, memiliki tanggung jawab untuk melakukan mempersiapkan fasilitas kesehatan terlebih dahulu agar jemaah haji bisa mendapatkan kesan yang bagus saat tiba di tanah suci.

Petugas Penyelenggara ibadah haji gelombang pertama akan ditugaskan di daerah kerja (Daker) Bandara, Daker Madinah,Tim Promosi Kesehatan, dan EMT (Emergency Medical Team).

Lebih lanjut Kapus Liliek juga berpesan kepada petugas PPIH bidang kesehatan untuk tetap bisa menerapkan perilaku hidup sehat serta beristirahat yang cukup agar tubuh tetap bugar dan bisa memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada para jamaah haji.

Terkhusus untuk tim Promkes, diharapkan dapat bisa mengatur waktu untuk bisa memberikan penjelasan terhadap jemaah haji agar para jamaah tidak lelah pasca perjalanan.