Respon Cepat Penanganan Banjir dan Tanah Longsor di Kota Jayapura

50

Respon Cepat Penanganan Banjir dan Tanah Longsor di Kota Jayapura

Jakarta, 07 Januari 2022

Hujan dengan intensitas tinggi disertai dengan struktur tanah yang labih di beberapa wilayah di Kota Jayapura mengakibatkan banjir dan tanah longsor yang terjadi pada hari Kamis, 06 Januari 2021 pukul 22.50 WIT. Kejadian ini berdampak pada 5 distrik diantaranya distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Heram, dan Muara Tami.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan Kota Jayapura mencatat penduduk yang terdampak sebanyak 160 KK atau 640 orang dengan jumlah korban meninggal dunia 6 orang. Selain itu, 2 fasilitas pelayanan kesehatan terdampak yaitu Rumah Sakit dr. Aryoko dan Puskesmas Abepura.

Maka dalam rangka respon cepat penanganan bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kota Jayapura Tim Kegawatdaruratan Medis atau Disaster Medical Teams (DMTs) setempat melakukan upaya kesehatan untuk ikut serta dalam penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor tersebut. DMTs tersebut diantaranya PABI, MDMC, Dompet Dhuafa, MDMC dan beberapa DMTs lainnya.
Dinas Kesehatan selaku ketua DMTs melakukan koordinasi dengan Walikota terkait penanganan dan pemberian pelayanan kesehatan kepada korban banjir dan tanah longsor.