Selamat Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022

178

Selamat Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022

Jakarta, 26 April 2022

 

Salam sehat sobatkriskes,

tahukah kamu Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional? Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ialah hari yang diinisiasi Badan Penanggulangan Bencana Naional (BNPB) untuk mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana serentak. Pertama kali hari tersebut dicanangkan oleh BNPB pada tahun 2017 dan diperingati setiap pada tanggal 26 April.
Dengan adanya Hari Kesiapsiagaan Bencana, diharapkan bisa membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana.

Hari Kesiapsiagaan Bencana bukanlah tanggungjawab perorangan namun menjadi tanggung jawab semua pihak tanpa terkecuali. Oleh karena itu kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan perlu ditanamkan pada diri masing-masing individu sedini mungkin dan berkesinambungan.

Salah satu dampak bencana ialah menurunnya kualitas hidup penduduk, dapat dilihat dari permasalahan kesehatan yang terjadi. Permasalahan yang dihadapi setelah terjadi bencana adalah pelayanan kesehatan terhadap korban bencana. Dalam semua siklus tahapan bencana dan krisis kesehatan sangat penting untuk memprioritaskan perhatian pada kelompok rentan.
Program Pengurangan Resiko Bencana (PRB) merupakan prioritas nasional dan daerah yang dilaksanakan melalui kelembagaan yang kuat sebagai implementasi Kerangka Aksi Hyogo (Hyogo Framework of Action) tahun 2005.
Kementerian Kesehatan juga mengimplementasikan Pengurangan Resiko Bencana yang berupa upaya-upaya penanggulangan krisis kesehatan ini dalam bentuk program dan kegiatan yang dilaksanakan pada tahap kesiapsiagaan krisis kesehatan.

Hal ini juga sejalan dengan organisasi kesehatan dunia (WHO) yang telah menetapkan program kesiapsiagaan dan upaya penanggulangan bencana, dimana sektor kesehatan perlu meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana.

Dalam melaksanakan tugasnya, satuan tugas kesehatan harus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, seluruh sumber daya kesehatan, seluruh instansi/lembaga yang berperan serta dalam Penanggulangan Krisis Kesehatan di wilayahnya.
Kesiapsiagaan dan mitigasi bencana oleh masyarakat maupun kader atau relawan membutuhkan kesepakatan rencana menghadapi situasi darurat, setelah mengetahui dan mengidentifikasi ancaman dan permasalahan yang ada, diharapkan masyarakat dapat lebih siap menghadapi bencana dan krisis kesehatan, berdaya dan mandiri untuk melindungi dirinya, sehat dan selamat.

SELAMAT HARI KESIAPSIAGAAN NASIONAL TAHUN 2022!!