Temukan Ribuan Hoax, Masyarakat Diharapkan Waspada

Selasa, 02 Pebruari 2021

3

Temukan Ribuan Hoax, Masyarakat Diharapkan Waspada

Dengan kondisi Covid-19 yang masih menghantui dan mengepung masyarakat di berbagai belahan dunia, masih menciptakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang menyebarluaskan berita hoax dengan sedemikian rupa sehingga menyebabkan masyarakat mendapatkan informasi yang salah baik mengenai perkembangan kasus hingga penanganan Covid-19 yang sangat berbahaya bagi kesehatan seseorang.

Di Indonesia sendiri, sejak 23 Januari 2020 hingga 1 Februari 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mencatat bahwa terdapat sekitar 1402 kasus hoax terkait Covid-19, sedangkan untuk vaksin, pemerintah menemukan ada sebanyak 97 temuan.

Dalam penanganannya, Drs. Anthonius Malau, M.Si, selaku Koordinator Pengendalian Internet Ditjen APTIKA Kemkominfo menyampaikan bahwa pihaknya akan terus melakukan inisiatif untuk menahan laju penyebaran hoax mulai dari hulu hingga hilir, selain itu pemerintah juga akan mengimbangi informasi dan kapasitas masyarakat melalui program literasi digital yang diberi nama Siberkreasi.

Dengan adanya program SIberkreasi yang berfokus pada pembekalan masyarakat terkait bagaimana cara mengetahui dan memilih konten yang benar ini, mampu menurunkan laju berita hoax di tengah masyarakat baik terkait dengan Covid-19, Vaksinasi Nasional, maupun hal penting lainnya.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/p/berita/masyarakat-harus-waspada-ada-1402-hoaks-terkait-covid-19