Tips Aman dari Covid-19 selama mudik lebaran

259

Tips Aman dari Covid-19 selama mudik lebaran

Melihat kasus aktif Covid-19 yang telah melandai, pemerintah telah memberikan izin kepada seluruh masyarakat untuk melakukan perjalanan domestik atau mudik dengan memenuhi beberapa syarat perjalanan. Meski demikian, terpenuhinya syarat perjalanan bukan berarti menjadikan kita abai terhadap kemungkinan paparan Covid-19.

Penerapan protokol kesehatan serta kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 selama berada di perjalanan harus terus mendapatkan perhatian dan diterapkan dengan baik, agar tidak terjadi penyebaran yang lebih meluas ke berbagai daerah.

Setiap individu diharapkan memperhatikan kesehatan pribadi dan keluarga ketika berada di perjalanan dengan membekali diri peralatan protokol kesehatan seperti masker cadangan dan hand sanitizer.

Tips Aman Dari Covid-19

Berikut ini adalah beberapa tips aman dari Covid-19 selama mudik lebaran yang dapat kita lakukan bersama, diantaranya adalah :

  1. Cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, terutama saat makan dan setelah menyentuh barang-barang diluar milik pribadi

  2. Tidak menerima makanan dan minuman dari orang yang tidak dikenal

  3. Gunakan masker untuk melindungi diri dari polusi udara dan paparan virus lainnya

  4. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat

  5. Konsumsi vitamin dan hindari mengkonsumsi obat yang dapat menyebabkan kantuk selama perjalanan.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, diharapkan perjalanan menuju keluarga besar untuk menyambung tali silaturahim dapat berjalan lancar tanpa ada gangguan kesehatan.

Segera lakukan pemeriksaan apabila mengalami gejala Covid-19 dengan menghubungi fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan pertolongan yang cepat dan sesuai dengan protokol penanganan Covid-19.