Tips Aman dari Gempa Bumi Ketika Berada di Sekolah

Tuesday, 19 October 2021

15

Tips Aman dari Gempa Bumi Ketika Berada di Sekolah

Gempa bumi merupakan sebuah bencana yang terjadi dalam waktu singkat, namun dapat menimbulkan efek seperti hancurnya  bangunan, jalan, jembatan dan sebagainya dalam sekejap. Tidak hanya itu, adanya guncangan yang mengakibatkan rusaknya bangunan tersebut tak jarang hingga memakan korban jiwa. Gempa bumi merupakan salah satu bencana yang tidak dapat diprediksi hingga saat ini, sehingga potensi terjadinya gempa dapat terjadi ketika seseorang di dalam rumah, di kantor, hingga seorang anak yang berada di sekolah.

Mempercayakan seorang anak dari orang tua kepada sekolah, harus digaris bawahi oleh semua warga sekolah. Untuk itu, adanya edukasi serta arahan dari warga sekolah kepada para murid terkait langkah evakuasi apabila terjadi gempa bumi, merupakan tanggung jawab yang harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Berikut ini merupakan hal yang harus diajarkan kepada murid mengenai langkah evakuasi ketika terjadi gempa bumi di sekolah.

  1. Tetap tenang dan mencari tempat aman untuk berlindung dari reruntuhan.
  2. Berlindung dengan cara menggunakan benda di sekeliling untuk melindungi kepala, seperti meja dan tas yang berisi buku-buku yang tebal.
  3. Jika berlindung dibawah meja, maka bertahanlah sampai guncangan berhenti.
  4. JIka gempa telah berhenti, segera keluar dari bangunan dengan tertib dan menuju titik kumpul yang telah ditentukan.

Dengan melakukan tips tersebut, diharapkan mampu meminimalisir adanya korban jiwa akibat gempa bumi ketika berada disekolah. Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila terdapat cedera akibat gempa bumi atau saat evakuasi.

Sumber :

1.

http://bpbd.jogjaprov.go.id/gempa-bumi#:~:text=Gempa%20bumi%20adalah%20peristiwa%20berguncangnya,dan%20berlangsung%20dalam%20waktu%20singkat.

2. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/apa-yang-harus-dilakukan-jika-terjadi-gempa-di-sekolah