Tips Aman Pasca Banjir yang Harus Diperhatikan

268

Tips Aman Pasca Banjir yang Harus Diperhatikan

Curah tinggi hujan di beberapa daerah di Indonesia, telah menyebabkan banjir yang merendam ratusan pemukiman warga dan fasilitas publik selama beberapa hari, diantaranya seperti banjir di tiga kecamatan di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah dan Banjir di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Saat ini dilaporkan masyarakat telah kembali ke dalam rumah mereka masing-masing untuk membersihkan berbagai sisa kotoran dan lumpur pasca terjadinya banjir. Meski demikian, masyarakat juga diharapkan untuk tetap waspada dan melakukan berbagai tindakan preventif pasca terjadinya banjir untuk meminimalisir potensi buruk yang dapat merugikan kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa tips aman pasca banjir yang dapat dilakukan sebelum kembali beraktivitas secara normal, diantaranya adalah:

  1. Waspadai dengan instalasi listrik.

  2. Hindari lokasi yang masih terkena bencana, kecuali jika pihak yang berwenang membutuhkan sukarelawan.

  3. Hindari air banjir karena kemungkinan kontaminasi zat-zat berbahaya dan ancaman tersetrum.

  4. Hindari air yang bergerak.

  5. Hindari area yang airnya baru saja surut karena jalan bisa saja keropos dan ambles.

  6. Kembali ke rumah sesuai dengan perintah dari pihak yang berwenang.

  7. Hati-hati saat memasuki rumah karena ancaman kerusakan yang tidak terlihat seperti fondasi.

  8. Perhatikan kesehatan dan keselamatan keluarga dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih jika anda terkena air banjir.

  9. Buang makanan yang terkontaminasi air banjir.

  10. Dengarkan berita atau informasi mengenai kondisi air, serta dimana mendapatkan bantuan perumahan atau shelter, pakaian dan makanan.

Dengan mengetahui tips aman pasca banjir di atas, diharapkan mampu meminimalisir berbagai kemungkinan buruk yang dapat menimbulkan korban luka maupun jiwa selama masa pembersihan rumah pasca banjir.

Tetap terapkan perilaku bersih dan sehat, serta mengikuti arahan dari pihak berwenang dalam bertindak selama bencana belum usai. Tidak lupa juga untuk segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami cedera selama evakuasi.