Tips Kesiapsiagaan Saat Terjadi Gempa Bumi

1,412

Tips Kesiapsiagaan Saat Terjadi Gempa Bumi

Gempa adalah salah satu bencana alam yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Sehingga dengan demikian masyarakat diharapkan bisa menerapkan sikap waspada serta mencari tahu apa saja yang perlu dilakukan saat gempa terjadi.

Pengetahuan yang baik mengenai “apa yang harus dilakukan saat gempa?” akan meningkatkan kemungkinan kita dan orang disekitar untuk selamat dan terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan selama gempa berlangsung

Tips Siaga Gempa

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh masyarakat saat gempa melanda daerah di sekitar kita, diantaranya adalah:

  1. Jangan panik, rasa takut dan khawatir adalah hal yang normal terjadi, namun kita harus tetap bisa mengendalikannya agar tidak salah mengambil keputusan dan memperburuk keadaan.

  2. Keselamatan diri adalah yang utama, untuk itu selamatkan diri kita terlebih dahulu baru orang lain.

  3. Peka terhadap lingkungan sekitar, serta memastikan kita memilih jalur keluar terdekat.

  4. Membekali diri dengan alat keselamatan dan perlengkapan darurat

  5. Bekali diri dengan pengetahuan mengetahui pertolongan pertama pada kecelakaan dan kegawatdaruratan

Menjadi pribadi yang siap dan siaga dalam menghadapi bencana alam adalah tanggung jawab kita semua. Untuk itu, dengan mengikuti beberapa panduan menghadapi gempa diatas, diharapkan meminimalisir potensi kecelakaan saat terjadi gempa pada diri sendiri dan orang disekitar kita.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami luka selama melakukan evakuasi, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan.

Sumber =

https://bpbd.bogorkab.go.id/5-tips-dasar-kesiapsiagaan-terhadap-bencana/