Tips Menjaga Kesehatan dari Paparan Penyakit Saat Musim Hujan

142

Tips Menjaga Kesehatan dari Paparan Penyakit Saat Musim Hujan

Saat ini Indonesia telah memasuki musim hujan dengan intensitas yang cukup tinggi dan merata hampir di seluruh daerah di Indonesia. Berbagai penyakit penyerta seperti Flu, Batuk, Influenza, Diare, demam berdarah, dan penyakit lain yang biasa terjadi saat musim hujan, harus mendapatkan perhatian, agar masyarakat tetap mampu terjaga kesehatannya, terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Tubuh manusia sangatlah sensitif terhadap perubahan suhu terlebih ketika pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan. Kondisi seperti ini seringkali membuat tubuh manusia rentan terserang berbagai penyakit, yang dikarenakan sistem imun dalam tubuh manusia mudah menurun. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat agar kesehatan tubuh dapat tetap terjaga dan meminimalisir terpapar penyakit penyerta yang bisa terjadi ketika musim hujan tengah berlangsung, seperti :

  1. Mencuci tangan menggunakan sabun/Hand Sanitizer sebelum atau sesudah menyentuh barang
  2. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang
  3. Mengkonsumsi vitamin C yang cukup untuk kebutuhan tubuh per-hari
  4. Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari
  5. Mengelola tingkat stress dengan banyak berolahraga dan aktif melakukan kegiatan

Dengan menerapkan beberapa hal diatas, diharapkan masyarakat mampu menghadapi musim penghujan dengan sehat dan aman dari penyakit yang biasa hadir bersama dengan musim penghujan maupun dari paparan dari Covid-19. Tetap jaga protokol kesehatan, melakukan vaksinasi, dan cukup istirahat agar tubuh tetap sehat dan kuat selama masa pandemi covid-19 dan musim hujan.

Sumber :

1.  https://sumberdayaair.malangkab.go.id/pd/detail?title=sumberdayaair-opd-bersiap-hadapi-musim-hujan-ditengah-pendemi-covid-19

2. https://promkes.kemkes.go.id/download/jmd/waspada%207%20macam%20penyakit%20banjir.pdf