Tips Menjaga Kesehatan Saat Peralihan Musim (Musim Pancaroba)

Selasa, 16 Maret 2021

48

Tips Menjaga Kesehatan Saat Peralihan Musim (Musim Pancaroba)

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis dan dikenal hanya memiliki dua musim saja, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Selain kedua musim tersebut, masyarakat Indonesia mengenal adanya musim pancaroba.

Pancaroba merupakan musim peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu dari musim kemarau ke penghujan, begitu pula sebaliknya.

Memasuki musim pancaroba biasanya ditandai dengan cuaca yang berubah-ubah dan cenderung ekstrim, seperti hujan disertai petir serta tiupan angin kencang, bahkan badai. Selain itu, pada musim ini masyarakat akan berhadapan dengan berbagai potensi penyakit akibat perubahan cuaca seperti diare, demam berdarah, dan ISPA.

Oleh sebab itu, menjaga kesehatan pada musim pancaroba sangat penting agar terhindar dari penyakit. Berikut ini tips-tips menjaga kesehatan pada saat pancaroba.

1. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung antioksidan yang sangat penting bagi tubuh. Antioksidan pada buah-buahan dan sayur-sayuran dapat mendukung sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terpapar virus dan bakteri.

2. Konsumsi Protein

Selain mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan, pada musim pancaroba direkomendasikan pula untuk mengkonsumi protein seperti daging untuk memperbaiki dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga setiap hari akan membuat tubuh lebih sehat dan kekebalan tubuh lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Untuk itu luangkanlah waktu 30 menit setiap hari untuk berolahraga.

4. Kendalikan Stres

Lemahnya sistem kekebalan tubuh juga bisa dipengaruhi oleh stres. Stres akut dan berkempanjangan dapat mengurangi daya tahan tubuh dan mudah terserang penyakit. oleh sebab itu, kendalikan stres dengan beraktivitas yang produktif agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

5. Istirahat Cukup.

Istirahat yang cukup merupakan bagian dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Selain itu, istirahat yang cukup dapat membuat optimal fungsi imun yang dapat mencegah dari berbagai penyakit.

6. Minum Air Putih

Minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari untuk menjaga keseimbangan tubuh, membantu mengeluarkan racun, dan meningkatkan energi pada tubuh.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan pada saat memasuki musim pancaroba. Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada diri, keluarga, dan lingkungan sekitar agar terhindar dari berbagai penyakit.