Tips Menjaga Kesehatan Selama di Pengungsian

883

Tips Menjaga Kesehatan Selama di Pengungsian

Hingga kini, Indonesia masih berduka dengan terjadinya gempa bumi di Kabupaten Cianjur pada tanggal 21 November 2022 yang lalu. Saat ini, tepat pada tanggal 27 November 2022, masyarakat yang mengungsi tercatat sebanyak 79.352 dan tersebar di 340 titik lokasi pengungsian.

Melihat angka tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa terdapat jumlah masyarakat yang sangat banyak yang mendiami satu titik pengungsian tersebut. Sehingga dengan demikian,penting bagi para pengungsi untuk tetap menjaga kesehatan fisik maupun mental selama berada di pengungsian.

Tips Menjaga Kesehatan saat di Pengungsian.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para pengungsi untuk menjaga kesehatannya, diantaranya adalah:

  1. Menggunakan selimut dan alas tidur di malam hari

  2. Waspada terhadap pecahan kaca, puing, bangunan, benda-benda tajam

  3. Lindungi tempat air bersih dan makanan dari kotoran, debu dan lalat

  4. Buanglah sampah di tempat sampah

  5. Disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan

  6. Tidak merokok di pengungsian

  7. Makan makanan bergizi

  8. Masaklah air terlebih dulu sebelum diminum

  9. Biasakan cuci tangan pakai sabun

Dengan menerapkan tips sehat selama di pengungsian tersebut, diharapkan dapat meminimalisir potensi terpapar penyakit selama berada di pengungsian.

Tetap jaga perilaku hidup sehat dan bersegera untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Tidak lupa untuk selalu mendengarkan  informasi yang dikeluarkan oleh badan resmi untuk mengetahui perkembangan pasca gempa di Kabupaten Cianjur, untuk menghindari kesalahan informasi.