Tips Mudik Sehat saat Cuaca Tidak Menentu

456

Tips Mudik Sehat saat Cuaca Tidak Menentu

Di Tengah cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para masyarakat yang saat ini tengah berencana untuk melakukan mudik lebaran. Hal ini dikarenakan, kondisi cuaca yang tidak menentu dapat menyebabkan beberapa individu yang tidak memiliki kondisi fisik yang optimal akan mengalami sakit.

Melihat keterangan diatas, maka penting bagi para pemudik untuk mulai mempertimbangkan apa saja yang bisa dilakukan agar mudik di saat cuaca tidak menentu seperti saat ini dapat berjalan dengan lancar dan bebas dari paparan penyakit.

Tips Mudik Sehat.

Berikut ini adalah beberapa tips mudik sehat saat cuaca tidak menentu yang dapat dilakukan oleh masyarakat sebelum melakukan perjalanan, diantaranya adalah:

  1. Melakukan persiapan dengan melakukan cek kesehatan sebelum berkendara.

  2. Tidak begadang sebelum berkendara.

  3. Istirahat yang cukup, yaitu dengan melakukan peregangan setelah 4 jam mengemudi.

  4. Makan makanan yang bergizi seimbang.

  5. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

  6. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 8 gelas per-hari.

Dengan menerapkan beberapa tips sehat selama mudik lebaran di atas, diharapkan dapat dijadikan acuan untuk menciptakan perjalanan yang aman, nyaman dan bebas dari berbagai paparan penyakit.

Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat selama di perjalanan dengan mencuci tangan sebelum makan dan menggunakan masker untuk menghindari polusi udara.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan/posko kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit saat berada diperjalanan.