Tips Penanganan Bencana Gelombang Pasang

Wednesday, 06 October 2021

44

Tips Penanganan Bencana Gelombang Pasang

Gelombang pasang merupakan salah satu bencana alam yang cukup menghantui Indonesia sebagai salah satu negara maritim yang terdiiri dari banyak pulau kecil dan dikelilingi dengan hamparan lautan yang luas.

Meskipun secara kuantitas, gelombang pasang di Indonesia berada di kondisi yang terlalu sering, namun dampak yang ditimbulkan tidak jarang menyebabkan masyarakat terdampak kehilangan harta benda hingga nyawa.

Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut, maka berikut ini merupakan langkah – langkah penanganan yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh masyarakat sebelum gelombang pasang yang berada di laut sampai ke bibir pantai dan membahayakan masyarakat.

  1. Apabila mendengarkan adanya peringatan dini mengenai adanya gelombang pasang yang akan terjadi melalui radio atau TV, masyarakat diharapkan bisa segera memberikan pengumuman kepada seluruh warga agar bersiap untuk menghadapi adanya potensi gelomang pasang tersebut.
  2. Apabila seseorang sedang melakukan pelayaran atau sedang berada di tengah laut, diusahakan untuk segera menjauh dari lokasi laut yang sedang berada cuaca yang buruk.
  3. Ketika Gelombang sudah mencapai bibir pantai, segera rencanakan evakuasi diri atau barang – barang berharga lainnya.
  4. Membuat infrastruktur pemecah ombak yang berfungsi untuk mengurangi kekuatan ombak yang sedang menuju ke daratan.
  5. Usahakan untuk tetap tenang apabila melihat adanya gelombang laut di tengah, maupun yang sudah sampai ke bibir pantai.

Dengan memahami tips penanganan diatas, diharapkan gelombang besar yang terjadi tidak memakan korban baik dari harta maupun nyawa seseorang. Apabila terdapat korban jiwa, atau korban luka selama melakukan evakuasi, diharapkan masyarakat segera memberitahu dan melakukan pengobatan di fasilitas – fasilitas kesehatan yang tidak terdampak dengan gelombang pasang tersebut.

Sumber :

1. https://bpbd.cianjurkab.go.id/contents/detail_deskripsi.php?id=8