Tips Sehat saat Arus Balik Mudik di Cuaca Tidak Menentu

228

Tips Sehat saat Arus Balik Mudik di Cuaca Tidak Menentu

Libur lebaran telah berakhir, saatnya masyarakat kembali menjalankan aktivitas harian seperti sedia kala. Namun, menghadapi arus balik mudik yang padat dan ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, adalah tantangan tersendiri bagi para pemudik, karena tingkat stres yang meningkat dan kondisi cuaca yang tidak menentu akan membuat kita mudah terserang penyakit.

Pernyataan diatas, harusnya bisa menjadi pengingat kita semua sebelum melakukan perjalanan yang jauh dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, untuk melakukan persiapan baik bekal makanan maupun kondisi fisik yang fit, agar tidak mudah terpapar penyakit selama diperjalanan.

Tips Sehat Saat Cuaca Tidak Menentu.

Berikut ini adalah beberapa tips sehat saat arus balik mudik lebaran yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:

  1. Mempersiapkan kondisi tubuh dengan melakukan cek kesehatan sebelum berkendara.

  2. Hindari begadang sebelum berkendara dan lakukan peregangan setelah 4 jam berkendara.

  3. Tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

  4. Memperbanyak cemilan sehat seperti buah dan sayur.

  5. Mencukupi kebutuhan cairan harian dengan minum 8 gelas air putih perharinya

Rasa stres dan kondisi cuaca yang tidak menentu saat arus balik mudik lebaran dapat mempengaruhi kesehatan dan kondisi mood sesaat setelah sampai ke tujuan. Untuk itu, dengan menerapkan beberapa tips di atas, diharapkan masyarakat tetap fit dan siap untuk kembali menjalani aktivitas.

Jangan lupa untuk segera lakukan pemeriksaan kesehatan ke fasilitas kesehatan atau pos kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit selama di perjalanan, agar bisa segera mendapatkan penanganan dari petugas kesehatan.