Tips Sehat saat Beribadah Haji

66

Tips Sehat saat Beribadah Haji

Cuaca panas ekstrem yang terjadi di Tanah Suci Mekkah memiliki kondisi yang sangat berbeda jauh dengan kondisi cuaca di Indonesia. Sehingga, tubuh jemaah haji di Indonesia perlu penyesuaian khusus dengan kondisi cuaca disana.

Dalam proses penyesuaian diri dengan cuaca yang ada disana, jemaah haji diharapkan mampu melakukan beberapa hal agar meminimalisir terpapar penyakit atau pingsan saat melakukan prosesi ibadah haji. Berikut ini adalah beberapa tips sehat bagi jemaah haji yang dapat dilakukan dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrem selama berada di Tanah Suci Mekkah, diantaranya adalah:

  1. Menggunakan waktu sebaik-baiknya, terutama untuk istirahat saat berada di lokasi penginapan.

  2. Hindari kegiatan di luar rangkaian ibadah haji, terutama di luar ruangan untuk menghindari cuaca panas di Tanah Suci.

  3. Mencegah dehidrasi dengan mencukupi asupan air harian dalam tubuh.

  4. Cukupi kebutuhan gizi dan vitamin dengan mengkonsumsi buah dan sayur.

  5. Membawa payung untuk menghindari Heat Stroke atau sengatan panas.

Dengan menerapkan beberapa tips sehat bagi jemaah haji di atas, diharapkan mampu memberikan ketenangan dan kesehatan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Hindari kelelahan yang berlebih dan bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit saat melakukan ibadah haji.