Tips Sehat Saat Cuaca Panas

731

Tips Sehat Saat Cuaca Panas

Cuaca panas yang saat ini terjadi merata di seluruh wilayah Asia Tenggara, tentu sangat mengganggu proses aktivitas kita di luar ruangan. Selain itu, cuaca panas yang tidak biasa seperti saat ini juga akan mengganggu kesehatan apabila masyarakat terpapar sinar matahari dalam kurun waktu yang cukup lama.

Beberapa gejala yang muncul tersebut diantaranya seperti keringat berlebih, mual, kulit pucat hingga kram pada kaki dan abdomen. Melihat kondisi tersebut, maka penting bagi kita untuk melakukan persiapan untuk meminimalisir dampak paparan sinar matahari selama beraktivitas diluar ruangan.

Cara Mencegah Dampak Cuaca Panas

Berikut ini adalah beberapa tips mencegah dampak cuaca panas yang dapat dilakukan oleh masyarakat saat melakukan aktivitas diluar ruangan, diantaranya adalah

  1. Meminimalisir aktivitas diluar ruangan antara pukul 11 pagi hingga 3 siang

  2. Hindari penggunaan baju yang gelap dan tidak menyerap panas

  3. Gunakan baju yang nyaman dan longgar

  4. Tidak meninggalkan siapapun di dalam kendaraan yang terparkir, baik dalam keadaan jendela terbuka maupun tertutup.

  5. Cukupi kebutuhan air dalam tubuh dengan rutin minum air putih dan tidak menunggu haus.

Dengan mengetahui beberapa tips yang harus dilakukan dalam menghadapi cuaca panas seperti saat ini, diharapkan dapat meminimalisir berbagai penyakit penyerta musim panas. Sehingga dengan demikian aktivitas harian dapat tetap berjalan dengan lancar dan bebas dari gangguan penyakit.

Tetap terapkan perilaku hidup sehat dan mencuci tangan sebelum makan dan menggunakan masker saat berada di luar ruangan, serta bersegera untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit akibat cuaca panas, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan.