Urgensi Melakukan Persiapan Menghadapi Bencana

559

Urgensi Melakukan Persiapan Menghadapi Bencana

Bencana merupakan salah satu hal yang sangat sulit ditebak, baik dari waktu maupun tingkat keparahan dari suatu bencana tersebut. Sehingga dengan demikian, persiapan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh pemerintah dan masyarakat.

Berbagai kegiatan persiapan dalam menghadapi bencana alam, salah satunya adalah dengan mempersiapkan tas bencana dan membekali diri dengan pengetahuan tentang cara mencegah, evakuasi, hingga kegiatan yang harus dilakukan pasca bencana yang terjadi di lokasi tersebut.

Terdapat beberapa manfaat yang dapat kita rasakan apabila kita membekali diri dengan pengetahuan dan peralatan-peralatan penting dalam menghadapi bencana, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Siap dalam menghadapi bencana

  2. Meminimalisir banyaknya korban luka maupun korban jiwa akibat bencana

  3. Meminimalisir kerugian akibat bencana yang terjadi.

  4. Menimbulkan kesadaran tentangnya pentingnya vegetasi yaitu kegiatan menjaga alam dengan cara menanam kembali pohon-pohon yang bermanfaat meminimalisir potensi bencana seperti longsor.

Dengan mengetahui berbagai manfaat dari kesiapsiagaan bencana, diharapkan mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat agar bersegera dalam melakukan tindakan preventif untuk meminimalisir jatuhnya korban luka maupun jiwa akibat bencana.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan yang tidak terdampak apabila mengalami luka akibat evakuasi bencana, agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.