Urgensi Vaksinasi Bagi Masyarakat dengan Komorbid

115

Urgensi Vaksinasi Bagi Masyarakat dengan Komorbid

Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19 di tengah masyarakat Indonesia, pemerintah membuat berbagai regulasi yang menekankan instrumen-instrumen pencegahan penyebaran Covid-19, salah satu diantaranya adalah dengan melaksanakan program vaksinasi dosis primer dan dosis lanjutan (booster).

Menurut hasil studi, mendapatkan vaksinasi Covid-19 di tengah pandemi seperti saat ini, dapat meminimalisir angka kematian, hospitalisasi, serta berbagai kemungkinan terburuk akibat dari paparan Covid-19 terutama pada pasien dengan komorbid.

Kematian Akibat Covid-19

Pada keterangan yang diberikan kepada pers, Prof.Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa pentingnya vaksinasi dosis lengkap maupun booster dapat terlihat dari jumlah kematian 3 rumah sakit besar nasional di Indonesia, dimana pasien meninggal didominasi oleh pasien Covid-19 dengan komorbid diabetes melitus, hipertensi dan gagal ginjal.

Dengan kondisi demikian, diharapkan seluruh masyarakat, terutama yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) dapat segera melakukan vaksinasi covid-19 dosis primer maupun booster. Pemerintah telah menjamin kualitas dan keamanan vaksin Covid-19, sehingga vaksinasi Covid-19 yang diberikan ke masyarakat terbukti aman, efektif, dan bermutu

Vaksinasi Membentuk Proteksi Diri

Mari berpartisipasi dalam pembentukan Herd Immunity atau kekebalan kelompok serta menerapkan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Segera lakukan isolasi mandiri dan melakukan pemeriksaan ketika mengalami gejala Covid-19.