Urgensi Vaksinasi untuk Syarat Perjalanan Mudik

242

Urgensi Vaksinasi untuk Syarat Perjalanan Mudik

Perkembangan Covid-19 yang semakin membaik secara nasional, merupakan hasil dari perjuangan seluruh masyarakat Indonesia, para tenaga kesehatan, dan pemerintah yang senantiasa menerapkan protokol kesehatan, melakukan vaksinasi, melakukan penanganan Covid-19 dan seluruh hal yang berkaitan dengan instrumen pengendalian Covid-19 di Indonesia.

Penurunan kasus aktif telah memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam segi mobilitas. Per-tahun 2022, masyarakat sudah boleh melakukan perjalanan mudik (destinasi domestik) dengan lebih mudah.

Syarat Perjalanan Mudik

Dalam penerapannya, dr. Reisa Broto Asmoro selaku Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dalam keterangan persnya, mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan serta memenuhi berbagai persyaratan perjalanan mudik yang telah ditentukan untuk memastikan bahwa masyarakat yang melakukan perjalanan dalam keadaan sehat sehingga keluarga yang dikunjungi pun sehat, dan dapat kembali pulang dalam keadaan sehat., persyaratan tersebut diantaranya adalah:

  1. Masyarakat yang telah melakukan vaksinasi dosis 1: wajib melampirkan hasil PCR sebagai syarat perjalanan mudik

  2. Masyarakat yang telah melakukan vaksinasi dosis 2: wajib melampirkan hasil antigen sebagai syarat perjalanan mudik

  3. Masyarakat yang telah melakukan vaksinasi booster (dosis 3): tidak wajib melampirkan hasil tes baik PCR maupun Antigen

Dengan adanya peraturan tersebut, diharapkan mampu meminimalisir penyebaran Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia diakibatkan mobilitas yang tinggi ditengah masyarakat selama periode Hari Raya Idul Fitri 2022. Tetap jaga protokol kesehatan dalam perjalanan dan bersegera dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk memberikan proteksi maksimal dari Covid-19.

Segera lakukan isolasi mandiri apabila mengalami gejala Covid-19 selama perjalanan menuju kampung halaman dan tidak lupa untuk segera memeriksakan diri baik ke fasilitas kesehatan terdekat maupun melalui fasilitas telemedicine agar segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat sesuai dengan prosedur penanganan Covid-19.