Vaksinasi Booster Terbukti Menurunkan Risiko Kematian Akibat Covid-19

291

Vaksinasi Booster Terbukti Menurunkan Risiko Kematian Akibat Covid-19

Komitmen untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan terbebas dari paparan Covid-19 menjadi prioritas yang saat ini dilakukan oleh pemerintah Indonesia bersama dengan seluruh lapisan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya peraturan serta kebijakan pemerintah untuk mengatur dan meminimalisir masyarakat untuk terpapar Covid-19, mulai dari penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga pelaksanaan vaksinasi dosis lanjutan (booster).

Vaksinasi booster merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan ekstra serta percepatan dalam membentuk Herd immunity di tengah masyarakat. Dalam pelaksanaannya, vaksinasi booster merupakan sebuah kegiatan yang aman dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia di kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus berjalan hingga saat ini.

Berikut ini adalah beberapa fakta terkait manfaat vaksinasi booster bagi masyarakat. Diantaranya adalah :

1.Vaksinasi lengkap dan booster dapat melindungi hingga 91% dari kematian, atau risiko terburuk lainnya akibat Covid-19.

2. Menurunkan risiko kematian bagi lansia tanpa komorbid, yang sebelumnya 22,8% menjadi 7,5%

3.Menurunkan risiko kematian bagi non lansia tanpa komorbid, yang sebelumnya 2,9% menjadi 0,49%

4.Jumlah kematian pada kelompok komorbid yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap mencapai 739 kasus, sedangkan dari yang sudah booster 20 kasus.

Dengan mengetahui beberapa fakta diatas, diharapkan mampu memberikan suntikan informasi dan menjawab berbagai macam pertanyaan terkait vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan (booster). Tetap jaga protokol kesehatan, karena sinergi disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 5M dan vaksinasi merupakan kunci dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat Indonesia.