Varian Baru Omicron Terdeteksi di Indonesia

230

Varian Baru Omicron Terdeteksi di Indonesia

Berita terkait perkembangan kasus COVID-19 di berbagai negara termasuk Indonesia, telah kembali terdengar di tengah masyarakat Indonesia. Kondisi tersebut mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat kembali memperhatikan protokol kesehatan 5M dan vaksinasi COVID-19.

Tepat pada tanggal 18 Juli 2022, omicron varian baru terkonfirmasi masuk ke Indonesia. Hal ini disebabkan karena varian BA.2.75 telah terdeteksi menjangkit beberapa masyarakat Indonesia di 2 (dua) wilayah sekaligus, yaitu Bali dan Jakarta.

Saat ini dikabarkan bahwa terdapat 3 kasus omicron varian BA.2.75 yakni 1 kasus berada di Bali dan 2 kasus berada di Jakarta. Menanggapi kasus tersebut, pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk saling menjaga satu sama lain dari pandemi COVID-19, karena pencegahan penularan dan penyebaran dimulai dari diri sendiri.

Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, menjalankan protokol kesehatan 5M, dan mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan oleh pemerintah baik dosis primer maupun booster, karena hal ini bertujuan untuk meminimalisir potensi hospitalisasi, kesakitan, hingga kematian yang diakibatkan oleh COVID-19.

Tidak lupa untuk bersegera melakukan isolasi mandiri dan memeriksakan kondisi ke fasilitas kesehatan terdekat melalui fitur Telemedicine apabila mengalami gejal COVID-19 seperti demam, kehilangan rasa atau bau, batuk, hingga kesulitan dalam bernafas, agar bisa segera mendapatkan penanganan dari petugas kesehatan secara cepat dan sesuai dengan prosedur penanganan pasien COVID-19.