Warga di Mandailing Natal Keracunan Pipa Gas

Senin, 25 Januari 2021

35

Warga di Mandailing Natal Keracunan Pipa Gas

 

Senin (25/1) siang sekitar pukul 13.00 WIB terjadi Kebocoran gas terjadi pada pipa Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) milik PT. Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP). Kebocoran pipa yang terjadi di Desa Sibanggor Tong, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

BPBD Kab. Mandailing Natal mencatat ada lima korban meninggal dunia dan 25 orang saat ini dirujuk ke RSUD Penyambungan. Warga yang mengalami gejala keracunan seperti sesak nafas, kejang-kejang, dan pusing masih mendapatkan perawatan di Puskesmas Sibangor Jae. Tak kurang 1.760 orang mengalami gejala keracunan.

Sebagian warga mengungsi di Masjid Agung Penyambungan, sekitar 100 orang dan sisanya mengungsi ke rumah kerabat dekat di luar desa yang aman.

Dinas Kesehatan Kab. Mandailing Natal telah menyiagakan Puskesmas dan RS swasta disekitar tempat kejadian untuk mengantisipasi bertambahnya korban akibat kebocoran gas tersebut.

Permintaan bantuan berupa obat-obatan dan masker sedang berproses kepada Pusat Krisis Kesehatan. Sementara penanganan dan pendataan juga masih dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan BPBD setempat. Polisi masih melakukan penyidikan terhadap kasus ini dan PLTB ditutup dan dihentikan sementara pembangunannya.

 Sumber : Laporan BNPB, Dinas Kesehatan Kab. Madina, Idn Times