Waspada Gelombang Pasang Ketika Berada di Luar Rumah

Wednesday, 13 October 2021

29

Waspada Gelombang Pasang Ketika Berada di Luar Rumah

Indonesia merupakan salah satu negara yang disebut sebagai negara maritim. Dengan negara yang memiliki banyak pulau – pulau di dalamnya dan juga dikelilingi oleh lautan yang membentang luas, tak heran Indonesia mendapatkan banyak sorotan dan keuntungan dari kemaritiman tersebut.

Dengan kondisi di kelilingi oleh hamparan laut, tentunya hal tersebut tidak selalu memberikan hal yang baik bagi indonesia dan pulau – pulau yang ada. Ada beberapa saat Indonesia harus melawati adanya ancaman seperti tsunami dan juga gelombang pasang.

Geombang pasang sendiri merupakan sebuah fenomena adannya gelombang air laut yang memiliki kekuatan dan ukuran lebih besar dan melebihi batas normal. Kejadian ini juga sangat membahayakan bagi masyarakat khususnya yang bermukim dan berada di dekat pantai.

Meski memiliki jumlah kejadian  dengan kuantitas yang tidak cukup sering, namun adanya langkah – langkah antisipasi untuk masyarakat khususnya yang berada di luar rumah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, harus mendapatkan perhatian dan sosialisasi yang cukup.

Berikut ini merupakan langkah – langkah yang dapat dilakukan oleh masyarakat yang berada di luar rumah apabila terjadi gelombang pasang di sekitarnya.

  1. Hindari bagunan yang tinggi seperti pohon, tiang listrik, papan reklame dan sebagainya.
  2. Segera duduk dengan posisi memeluk lutut apabila dirasakan adanya petir yang akan menyambar
  3. Bila memnugkinkan, segera menjauh dari gelombang dan juga badai.

Tiga langkah diatas merupakan hal – halyang dapat dilakukan oleh masyarakat khususnya yang berada di luar rumah, agar bisa terhindar dari dampak yang ditimbulkan akibat adanya gelombang pasang. Apabila terdapat korban jiwa, atau korban luka selama melakukan evakuasi, diharapkan masyarakat segera memberitahu dan melakukan pengobatan di fasilitas – fasilitas kesehatan yang tidak terdampak dengan gelombang pasang tersebut.

Sumber :

1. https://bpbd.cianjurkab.go.id/contents/detail_deskripsi.php?id=8 

2. http://bpbd.sumselprov.go.id/siaga/detail/siaga-bencana-gelombang-pasang