Waspada Gempa di Tengah Pandemi Dan Musim Pancaroba

Jumat, 16 April 2021

38

Waspada Gempa di Tengah Pandemi Dan Musim Pancaroba

Gempa bumi merupakan peristiwa terjadinya getaran atau guncangan pada permukaan bumi akibat adanya tumbukan antar lempeng bumi, patahan aktif, aktivitas gunung api atau runtuhan batuan. Gempa bumi juga merupakan bencana yang selalu hadir di berbagai wilayah Indonesia, pada pekan ini gempa bumi melanda Kota Malang, Jawa Timur dan Maumere, NTT.

Secara geologis, Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng utama dunia yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik. Ditambah lagi dengan julukan ring of fire, atau Lingkaran Api Pasifik. Hal tersebut yang menjadikan Indonesia sering mengalami bencana termasuk bencana gempa bumi.

Dampak bencana gempa semakin terasa sulit bagi masyarakat, karena selain merasakan dampak gempa, masyarakat Indonesia masih harus berjuang di tengah pandemi Covid-19 dan musim pancaroba yang membuat iklim tak menentu. Oleh karena itu perlu ada persiapan terhadap bencana gempa agar tidak memperburuk situasi.
Berikut adalah persiapan bencana gempa untuk meminimalisir dampak yang merugikan.

1. Perbaiki Struktur Bangunan Rumah

Masyarakat harus mengetahui tentang gempa bumi, baik definisi, dampak, dan faktor penyebabnya. Hal tersebut agar masyarakat siap dalam mengantisipasi bencana gempa, salah satunya adalah memperbaiki struktur bangunan rumah. Pastikan struktur bangunan rumah dapat terhindar dari dampak gempa bumi.

2. Mengenali Lingkungan Tempat Kerja

Mengenali lingkungan tempat kerja bertujuan untuk mengetahui tempat yang paling aman ketika bencana gempa melanda. Selain itu, di lingkungan tempat kerja kita dituntut untuk mencatat nomor telepon penting, belajar P3K, dan menggunakan alat pemadam kebakaran agar untuk meminimalisir dampak bencana.

3. Persiapan Rutin di Rumah dan Tempat Kerja

Persiapan rutin tersebut adalah mengatur perabotan seperti lemari, rak, dll agar tidak mudah jatuh atau roboh ketika terjadi gempa. Lalu, bahan yang mudah terbakar disimpan pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran akibat gempa bumi. Selain itu, tetap menggunakan masker dan menjaga jarak agar terhindar dari Covid-19.

4. Pastikan Material Aman

Penyebab kerusakan yang paling banyak pada saat terjadi gempa bumi adalah akibat terjatuhnya material. Oleh karena itu pastikan benda berat berada di bagian bawah dan memastikan kestabilan benda yang menggantung seperti lampu, foto, dll.

5. Perlengkapan yang Harus Ada di Setiap Tempat

Perlengkapan yang harus selalu ada di setiap tempat adalah Kotak P3K, Alat Pemadam Kebakaran, hand sanitizer, Senter/lampu baterai, Radio, Makanan suplemen dan air minum. Perlengkapan tersebut merupakan bentuk dari kewaspadaan terhadap bencana, pandemi Covid-19, dan cuaca pada musim pancaroba.

https://www.bmkg.go.id/gempabumi/antisipasi-gempabumi.bmkg