Waspada Kekeringan di Musim Kemarau

305

Waspada Kekeringan di Musim Kemarau

Memasuki musim kemarau, dimana cuaca di Indonesia berada di kondisi yang lebih panas dari biasanya, membuat pasokan air berkurang di beberapa titik di Indonesia. kondisi demikian mengakibatkan banyak tanaman kering hingga hewan-hewan yang mati akibat kekeringan. Sehingga penanganan dan langkah antisipasi menjadi penting untuk dilakukan untuk mencegah kekeringan.

Kekeringan atau kurangnya pasokan air dalam jangka waktu tertentu sebenarnya dapat ditanggulangi dengan melakukan beberapa langkah pencegahan kekeringan, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Menjaga sumber atau mata air.

  2. Menggunakan air dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan.

  3. Secara bersama-sama membentuk sebuah waduk yang mampu menampung air hujan dan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air masyarakat selama musim kemarau.

  4. Membuat tandon air sebagai persiapan di pekarangan rumah.

Dengan menerapkan tips pencegahan kekeringan di atas, diharapkan mampu meminimalisir bencana kekeringan dan membuat masyarakat lebih siap dalam menghadapi kondisi kemarau panjang yang membuat pasokan air berkurang. Tetap jaga lingkungan kita dari bencana kekeringan, agar pasokan air tetap terjaga dan kebutuhan dasar manusia terhadap air tidak terganggu.