Waspada Kekeringan Saat Musim Kemarau

Rabu, 12 Pebruari 2020

108

Waspada Kekeringan Saat Musim Kemarau

Kekeringan merupakan suatu kondisi dimana hubungan antara ketersediaan air berada jauh dibawah kebutuhan untuk dikonsumsi atau penghidupan, untuk kegiatan ekonomi sampai lingkungan. Tentu kondisi semacam ini sangat menghambat kegiatan sehari-hari.

Lalu, bagaimana upaya waspada terhadap kekeringan yang terjadi ketika musim kemarau? Inilah beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai langkah kewaspadaan terhadap kekeringan yang terjadi ketika musim kemarau tiba:

1. Membuat embung
Embung atau penambung air hujan dapat dijadikan sebagai sebuah cara untuk mengatasi kekeringan ketika musim kemarau tiba. Embung diperuntukkan untuk mencukupi kebutuhan air dengan menyediakan air saat musim kemarau panjang dan cara ini dapat dimanfaatkan oleh petani. Embung dapat membantu mengairi tanaman agar tidak kekeringan dan tidak mati karena kurang air.

2. Waduk
Sumber air di musim kemarau banyak yang mengalami kekeringan. Karenanya, penting mengatasi kekeringan dengan mencegah waduk dari pendangkalan karena bila pendangkalan ini terjadi maka kapasitas air yang ada didalam waduk berkurang. Karenanya, pengerukan waduk supaya lebih dalam dan dapat menampung lebih banyak air perlu dilakukan.

3. Penghijauan
Inilah cara sederhana untuk mengatasi kekeringan ketika musim kemarau datang. Sebaiknya, penghijauan dilakukan di wilayah hulu dengan mengurangi konversi lahan pada daerah hulu tersebut.
Dari sedikit langkah-langkah yang dapat dilakukan seperti upaya diatas masih banyak upaya lain sebagai langkah kewaspadaan kekeringan yang dapat dilakukan seperti tidak menebang pohon secara liar yang menjadi sumber air dan masih banyak lagi.