Waspadai Flu pada Masa Pancaroba

348

Waspadai Flu pada Masa Pancaroba

Memasuki perpindahan cuaca (pancaroba) dari musim hujan menuju musim panas, memberikan dampak bagi kesehatan masyarakat yang tidak memiliki sistem imun tubuh yang kurang baik. Salah satu penyakit penyerta tersebut adalah flu. Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Meski flu yang datang setiap pancaroba merupakan hal yang umum, namun apabila flu diderita pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, merupakan hal yang harus diwaspadai. Hal ini dikarenakan adanya kemiripan gejala antara kedua penyakit tersebut.

Cara Mengobati Gejala Awal Flu

Berikut ini merupakan beberapa hal penting yang perlu dilakukan oleh masyarakat untuk mengobati gejala flu, sebelum semakin memburuk, diantaranya adalah :

1. Cukupi kebutuhan air dalam tubuh.

2. Pola tidur yang cukup

3. Mengelola stress

4. Berkumur dengan air garam.

5. Mengkonsumsi madu.

6. Cukupi kebutuhan gizi dan vitamin harian tubuh.

Dengan melaksanakan beberapa hal penting diatas, diharapkan mampu meredakan gejala flu yang sedang dialami. Apabila tidak kunjung sembuh, diharapkan bisa segera menghubungi petugas kesehatan/rumah sakit dengan fitur telemedicine agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan sesuai dengan prosedur penanganan penyakit yang diderita.