Waspadai Intensitas Hujan Besar dengan Melakukan Persiapan

465

Waspadai Intensitas Hujan Besar dengan Melakukan Persiapan

Dalam beberapa hari kebelakang, masyarakat Indonesia sering sekali mendapatkan kabar bahwa beberapa wilayah mengalami hujan deras disertai banjir. Hal ini juga dapat dikonfirmasi pada halaman website Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa hampir seluruh wilayah Indonesia mengalami hujan ringan hingga deras.

Dengan kondisi demikian, masyarakat diharapkan memperkuat kondisi imun dalam tubuh, yaitu dengan secara rutin mengkonsumsi buah dan sayur. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin dan mineral yang baik, serta mengandung serat yang tinggi, akan memberikan perlindungan serta memperkuat imun bagi tubuh, sehingga kita tidak mudah terpapar virus dan penyakit yang sering mengiringi datangnya musim penghujan.

Selain memberikan perlindungan terhadap tubuh, masyarakat juga diharapkan bersiap dengan adanya kemungkinan bencana seperti banjir, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu disiapkan ketika banjir datang dan masyarakat diharuskan untuk pergi menuju tempat yang lebih aman ;

  1. Pakaian ganti dan perlengkapan mandi

  2. Makanan dan minuman

  3. Obat-obatan pribadi dan P3K

  4. Survival kit, seperti senter, baterai dan pluit

  5. Surat-surat penting

  6. Masker cadangan

Adanya perlindungan dari luar dan dari dalam selama menghadapi intensitas hujan yang cukup tinggi, diharapkan memberikan keamanan, kenyamanan, serta kesehatan untuk masyarakat Indonesia. apabila mengalami cidera atau gejala penyakit selama berada di pengungsian, diharapkan masyarakat dapat melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat, agar dapat segera mendapatkan pertolongan dan pengobatan dengan cepat.