Waspadai Penyakit Berbasis Lingkungan

658

Waspadai Penyakit Berbasis Lingkungan

Saat ini Indonesia tengah masuk kedalam kondisi musim hujan. Hal ini dibuktikan dari pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dimana kondisi mayoritas wilayah di Indonesia berada dalam keadaan hujan dan berawan. Dengan adanya perpindahan kondisi musim demikian, diharapkan masyarakat dapat mulai lebih memperhatikan kondisi tubuh dan perlengkapan yang biasa digunakan untuk menghadapi musim hujan.

Kondisi tubuh yang baik dalam menghadapi musim hujan, merupakan kunci terjaganya kesehatan dan terhindar dari penyakit berbasis lingkungan pada musim hujan. Penyakit berbasis lingkungan adalah fenomena penyakit yang dikarenakan keterkaitan manusia dengan faktor lingkungan. Khusus untuk musim hujan sendiri, terdapat 4 penyakit berbasis lingkungan yang harus diketahui oleh masyarakat, agar dapat dilakukan pencegahan, seperti :

  1. Demam Berdarah Dengue (DBD
  2. Penyakit Kulit
  3. Diare
  4. Leptospirosis yang disebabkan oleh banjir akibat terkontaminasi kandungan leptospira pada urine tikus, anjing dan juga kucing

Dengan mempersiapkan dan mencegah beberapa penyakit di atas, diharapkan kondisi tubuh akan tetap baik selama menjalani aktivitas di tengah musim hujan seperti saat ini. Tetap konsumsi gizi dan vitamin seimbang, serta menerapkan protokol kesehatan.

Sumber :

  1. https://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca-indonesia.bmkg
  2. Hakli Kota bandung DPC Kota Bandung, Kesling