Waspadai Penyakit Penyerta pada Musim Kemarau

332

Waspadai Penyakit Penyerta pada Musim Kemarau

Saat ini Indonesia tengah memasuki musim peralihan dari musim hujan menuju musim kemarau (pancaroba). Hujan  disaat malam hari dan panas ketika siang hari menjadi tanda bahwa masuknya musim kemarau sudah semakin dekat. Sehingga berbagai persiapan memasuki musim kemarau menjadi penting untuk diperhatikan dan mulai dilakukan sedini mungkin.

Tahukah kalian, selain berdampak pada cuaca yang menjadi semakin panas, kemarau juga sangat rentan terhadap penyebaran penyakit? Seperti pesatnya penyebaran nyamuk, polusi dan debu yang mengganggu pernafasan hingga virus flu dan batuk. Semua hal tersebut mengingatkan kita bahwa persiapan sangat penting untuk menghadapi musim kemarau.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan dalam menghindari penyakit penyerta yang datang bersamaan dengan musim kemarau :

1. Menggunakan pakaian katun yang ringan

2. Hindari udara panas di siang hari

3. Pakailah topi dan tabir surya

4. Mencuci tangan dengan teratur

5. Cukupi kebutuhan air dalam tubuh

6. Cukupi nutrisi vitamin harian tubuh.

Dengan mengetahui dan menjalankan beberapa tips terkait persiapan dalam menghadapi musim kemarau di atas, diharapkan mampu meminimalisir risiko terpapar penyakit penyerta yang datang bersamaan dengan musim kemarau. Tetap jaga protokol kesehatan 5M dan bersegera dalam mendapatkan vaksinasi dosis lengkap dan booster untuk memperkuat pembentukkan Herd Immunity ditengah masyarakat.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Pusat Krisis Kesehatan (@pkk_kemkes)