WHO Menyatakan Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Internasional

247

WHO Menyatakan Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Internasional

Tepat pada hari Sabtu tanggal 23 Juli 2022, Tedros Adhanom Ghebreyesus selaku Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa wabah cacar monyet atau monkeypox sebagai darurat kesehatan global. Sehingga dengan demikian dunia internasional diharapkan bisa lebih memperhatikan dan melakukan langkah pencegahan.

Cacar monyat atau monkeypox adalah penyakit endemik yang berasal dari Afrika barat dan Tengah dan disebabkan oleh virus human monkeypox (MPXV) orthopoxvirus dari famili poxviridae yang bersifat zoonosis atau penyakit yang menular dari hewan ke manusia.

Lebih lanjut Tedros Adhanom menjelaskan bahwa sebelumnya Komite darurat Kesehatan Dunia (WHO) telah melakukan pertemuan guna membahas lebih jauh mengenai wabah cacar monyet atau monkeypox dan memeriksa berbagai informasi terbaru tentang penyakit ini.

Hasil diskusi yang dihadiri oleh para ahli dari seluruh dunia tersebut menghasilkan bahwa wabah monkeypox atau cacar monyet sebagai salah satu wabah yang masuk sebagai darurat kesehatan global. Hal ini dinyatakan setelah para ahli melihat bahwa banyak aspek “tidak biasa” yang ditunjukkan oleh wabah cacar monyet tersebut.

Dengan pernyataan tersebut, seluruh masyarakat termasuk Indonesia diharapkan bisa tetap tenang dan mulai meningkatkan kewaspadaan untuk meminimalisir adanya potensi penyebaran Monkeypox atau cacar monyet di tengah masyarakat Indonesia.

Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), disiplin protokol kesehatan, serta mengikuti informasi terkini terkait perkembangan monkeypox di Indonesia dari pemerintah atau berbagai media yang dapat dipertanggungjawabkan keaslian informasinya.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami berbagai gejala penyakit, agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat, tepat, dan sesuai dengan hasil diagnosa dari gejala yang muncul.