4 Langkah Penting saat Terjadi Banjir

200

4 Langkah Penting saat Terjadi Banjir

Hujan deras yang dalam beberapa waktu terakhir ini banyak terjadi di sebagian titik di Indonesia, dan ditambah dengan minimnya saluran air yang dapat berfungsi dengan baik, telah menyebabkan munculnya genangan banjir yang merendam banyak daerah.

Meski sering terjadi, banjir bukanlah bencana yang dapat dianggap sederhana, karena jika tidak mendapatkan penanganan yang baik, akan menyebabkan penyebaran berbagai penyakit yang dapat menyerang masyarakat terdampak banjir.

Langkah Penting yang harus Dilakukan Saat Banjir

Selain itu, apabila masyarakat tidak mengetahui berbagai langkah yang harus dilakukan saat banjir, maka akan meningkatkan risiko munculnya korban baik luka maupun nyawa. Berikut ini adalah beberapa langkah penting yang harus dilakukan saat banjir terjadi, diantaranya adalah:

  1. Matikan listrik di dalam rumah dan hubungi petugas PLN untuk mematikan aliran listrik, untuk menghindari potensi konsleting yang berbahaya bagi masyarakat.

  2. Segera pindahkan barang-barang berharga ke tempat yang lebih tinggi.

  3. Mengungsi ke daerah yang lebih tinggi sedini mungkin. Dengan tetap memperhatikan keamanan dan barang bawaan yang harus dibawa di lokasi pengungsian

  4. Jangan berjalan atau berkendara di aliran banjir untuk meminimalisir potensi terseret arus banjir.

Dengan penerapan berbagai langkah di atas, diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat dalam melakukan evakuasi ke lokasi yang tidak terdampak.

Tetap tenang dan dengarkan arahan dari pihak yang berwenang untuk melakukan evakuasi. Sehingga dengan demikian, proses evakuasi dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat yang tidak terdampak apabila mengalami penyakit penyerta banjir seperti diare, DBD, dan penyakit kulit agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat dari para petugas kesehatan.