Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan Selama di Perjalanan

358

Pentingnya Penerapan Protokol kesehatan Selama di Perjalanan

Penurunan kasus aktif secara nasional yang ditunjukkan oleh indonesia merupakan hal yang sangat membanggakan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Selain menunjukkan bahwa penyebaran dapat lebih dikendalikan, penurunan kasus ini juga menunjukkan bahwa masyarakat indonesia masih berjuang dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi dengan dosis primer, maupun dosis lanjutan (booster)

Melihat kondisi saat ini, tepat pada 7 maret 2022 yang lalu, Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi mengumumkan diberlakukannya pelonggaran mobilitas masyarakat dalam rangka uji coba transisi menuju Endemi Covid-19.

Namun terdapat beberapa hal yang perlu diingat oleh masyarakat, yaitu penerapan protokol kesehatan dan juga vaksinasi Covid-19 masih harus terus dilakukan untuk meminimalisir paparan, kematian, serta risiko terburuk akibat Covid-19.

Protokol Kesehatan di Perjalanan

Berikut ini adalah beberapa penerapan protokol kesehatan selama berada di perjalanan, diantaranya adalah :

  1. Menggunakan masker medis 3 lapis yang menutupi hidung, mulut dan dagu

  2. Mengganti masker secara berkala

  3. Tidak saling berbicara

  4. Rutin mencuci tangan menggunakan sabun/hand Sanitizer

  5. Tidak makan/minum selama dalam perjalanan yang kurang dari 2 jam

Dengan menerapkan beberapa hal diatas, diharapkan mampu memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam melakukan perjalanan di tengah transisi pandemi menuju endemi Covid-19 seperti saat ini.

Segera lakukan isolasi mandiri dan memeriksakan diri ke petugas kesehatan melalui telemedicine apabila merasakan gejala Covid-19, agar bisa mendapatkan pelayanan dan penanganan yang cepat dan tepat.

 

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Pusat Krisis Kesehatan (@pkk_kemkes)