Tips Sehat Mudik saat Pancaroba

54

Tips Sehat Mudik saat Pancaroba

Mudik lebaran atau pulang kampung merupakan sebuah momen berkumpul bersama keluarga besar yang rutin dilakukan dan mungkin tidak bisa dilepaskan dari perayaan Hari Raya Idul Fitri bagi sebagian orang.

Setelah melewati perjuangan dalam melakukan penanganan COVID-19 dan menjaga protokol kesehatan, akhirnya pemerintah pada tahun ini membolehkan masyarakat untuk melakukan mobilitas mudik lebaran dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi.

Pada saat mudik ditengah pandemi COVID-19, ditambah dengan puasa dan musim pancaroba, penting bagi kita untuk terus memperhatikan kesehatan tubuh, agar momen mudik dapat menjadi lebih seru dan tidak terhalang oleh kondisi tubuh yang sedang sakit.

Tips Sehat Mudik saat Pancaroba

Berikut ini adalah beberapa Tips Sehat saat Mudik Lebaran Pada Musim Pancaroba yang dapat kita lakukan sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit penyerta :

  1. Cukupi kebutuhan air dalam tubuh pada saat sahur dan berbuka.

  2. Pastikan kondisi sehat sebelum berkendara.

  3. Istirahat yang cukup selama di perjalanan.

  4. Berisitirahat selama 15 menit setelah berkendara menggunakan mobil selama 4 Jam dan motor setelah berkendara 2 jam.

  5. Konsumsi vitamin dan hindari mengkonsumsi obat yang dapat menyebabkan kantuk selama perjalanan.

  6. Patuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak untuk mencegah penyebaran COVID-19 selama di perjalanan.

Dengan menerapkan beberapa Tips sehat saat mudik lebaran pada musim pancaroba diatas, diharapkan mampu membentuk perlindungan yang maksimal pada tubuh selama musim pancaroba. Segera lakukan pemeriksaan pada fasilitas kesehatan terdekat atau pos kesehatan terdekat untuk segera mendapatkan penanganan apabila memiliki gangguan kesehatan selama di perjalanan.